Sabtu, 22 Oktober 2011

Teknik Penulisan Berita

 

DIKLAT JURNALISTIK. Pengurus PWI Sulsel, Asnawin, membawakan materi ''Teknik Penulisan Berita (Straight News dan Feature News) pada Pelatihan Jurnalistik yang diadakan oleh Keluarga Muslim Politeknik Indonesia (Kamupi) Politeknik Negeri Ujungpandang, di Masjid Ulil Al-Baab Kampus Poltek Negeri Ujungpandang, Jl Perintis Kemerdekaan Tamalanrea Km-10, Makassar, Sabtu, 28 Mei 2011. (Foto: ist)
-----------------

Teknik Penulisan Berita

Oleh: Asnawin

Pada dasarnya, ada dua model penulisan atau pemberitaan di media massa, yaitu straight news dan feature news. Straight news biasa juga disebut berita langsung, artinya berita yang langsung mengemukakan fakta atau informasi-informasi penting dari suatu kejadian pada paragraf awal. Unsur 5W + 1H langsung dikemukakan pada awal (alinea pertama hingga alinea kedua).

Lima W dan satu H dimaksud yaitu what (apa), who (siapa), when (kapan), where (dimana), why (mengapa), dan how (bagaimana).

Demikian yang saya sampaikan saat membawakan materi "Teknik Penulisan Berita" pada Diklat Jurnalistik yang diadakan Keluarga Muslim Politeknik Indonesia (Kamupi) Poltek Negeri Ujungpandang, di Masjid Ulil Al-Baab Kampus Poltek Negeri Ujungpandang, Jl Perintis Kemerdekaan Tamalanrea Km-10, Makassar, Sabtu, 28 Mei 2011.

Saya mengatakan bahwa secara umum, pola penyajian straight news menggunakan piramida terbalik, yakni mengutamakan informasi paling penting pada bagian awal pemberitaan, selanjutnya informasi penting dan terbaru, agak penting, kurang penting, hingga informasi yang tidak terlalu penting pada bagian akhir berita.
Straight news disajikan secara singkat, padat, tetapi jelas. Sebagian besar berita dalam koran harian menggunakan cara penyajian straight news. Itulah sebabnya, wartawan surat kabar atau koran harian, umumnya sangat mahir membuat berita dalam bentuk straight news.

Sedangkan feature news atau berita tidak langsung, biasanya diawali dengan kata-kata atau kalimat yang menarik pada paragraf awal, sedangkan unsur 5W + 1H terurai dalam paragraf-paragraf berikutnya.

Feature news adalah berita yang ditulis dengan gaya karangan khas atau berita yang di-feature-kan.***

[Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda di blog Asnawin sang Journalist]

Tidak ada komentar: